follow us

Cara Setting Tethering di Notebook


Tethering adalah salah satu fitur yang sering kita temui di smartphone android, fitur ini memungkinkan pengguna android berbagi akses internet melalui jaringan nirkabel/wifi berupa hotspot. jadi Anda bisa menggunakan smartphone android anda tidak hanya ke smartphone lain tetapi bisa juga untuk memberikan akses internet ke leptop atau notebook anda. Tapi penulis tidak akan membahas cara seting tethering di smartphone/HP android, tetapi saya akan membongkar Cara Setting tethering di Notebook supaya anda dapat menghemat kuota internet hp anda dengan memanfaatkan akses internet anda dari tethering leptop atau notebook anda ke smartphone android anda. oke langsung aja kita mulai..sebenarnya cara nya sangat mudah.

Alat yang harus disediakan :

  • Leptop / Netbook yang  mempunyai WLan Card (kartu jaringan wireless), biasanya ini sudah onboard di dalam notebook yang baru.
  • Siapkan smartphone apapun tidak harus android, atau bisa juga tablet atau notebook.
  • Terakhir siapkan KOPI dan SNACK ... #jikaperlu
Cara Setting:
  • Nyalakan komputer/ notebook, pastikan kompter anda sudah mendapatkan koneksi internet (entah dari hotspot atau koneksi internet lainya seperti modem dongle atau USB Modem GSM) Buka "command prompt" dengan cari start-->run-->ketik: 'CMD' lalu enter.
  • Jika Sudah keluar CMD nya saatnya memasukkan perintah-nya "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Dell-net key=12345" tanpa tanda kutip. 
NB: Warnah Merah adalah Nama SSID yng anda inginkan bisa anda ganti terserah anda  dan yang biru adalah password wifinya silahkan ganti terserah anda.
  • Sekarang anda Harus Mengaktifkan Wifi-nya dengan cara mengetik " netsh wlan start hosted Network " tanpa tanda petik.
  • Jangan lupa aktifkan 'internet conection sharing' di local area network pada virtual wifi tadi, dan sekarang anda sudah bisa theatring ke smartphone dari leptop.
  • Jika Ingin Mematikan Wifi Tethering Ketik : " netsh wlan stop hosted Network " pada comand promt atau di menu "RUN".
untuk catatan cara seting diatas hanya dilakukan sekali saja..dan ketika komputer mati tethering otomatis di nonaktifkan artinya ketika nanti anda nyalakan kembali komputer anda harus mengaktifkan tethering secara manual dengan  cara ketik di run 'netsh wlan start hosted network'.



Itulah Cara Setting Tethering di Notebook yang mungkin bisa berguna bagi para pembaca caramudah.xyz ini. jika anda mendapatkan kesulitan silahkan isi kolom komentar. Selamat Mencoba !
close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]